KODE DFP HEAD Curug Malela - Eksotisme Wisata Air Terjun di Kota Bandung | DestinasiPedi
IKLAN ADSENSE BAWAH SIDEBAR (250X250)

Curug Malela - Eksotisme Wisata Air Terjun di Kota Bandung

Curug Malela - Kamu mungkin sudah sering liburan ke Kawah Putih, Situ Patenggang atau objek-objek wisata populer di Bandung lainnya. Tapi kamu tahu gak di Bandung saat ini ada sebuah destinasi wisata alam baru yang lagi ngehits di kalangan traveler Indonesia, namanya wisata Curug Malela?. Nah, kalo belum tahu kali ini DestinasiPedia mau ngasih info tentang objek wisata Curug Malela yang super keren dan rekomended banget buat kamu yang mau merasakan suasana wisata baru di Bandung.

Curug Malela Bandung
Curug Malela Bandung

Seperti namanya, Curug Malela merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun (bahasa Sundanya Curug) yang sumber airnya berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng (gunung api non-aktifve) yang terletak di sebelah barat Ciwidey.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar mencapai 70 meter dan memiliki 5 buah jalur air terjun. Jika debit airnya sedang besar, kamu akan melihat pemandangan curug yang mirip dengan air terjun terkenal di Amerika yaitu Niagara Falls. Hal inilah yang membuat curug ini diberi julukan sebagai Little Niagara.

Keindahan curug dengan airnya yang masih sangat jenrnih menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke tempat ini. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa keindahan pemandangan curug ini seperti sebuah surga tersembunyi yang masih sangat murni dan jauh dari tangan-tangan jail manusia. Lokasinya yang berada di kawasan terpencil di tengah hutan dan diapit perbuktian serta jauh dari pusat keramaian memang membuat tempat ini masih terjaga keasriannya.

Baca juga : Taman Bunga Begonia - Wisata Kebun Bunga Cantik di Bandung

Selain bisa menikmati pemandangan air curug yang jatuh dari ketinggian (akan terlihat seperti kumpulan kabut putih), di sini kamu juga bisa menikmati keseruan berenang atau bermain air di sepanjang aliran sungai di bawah Curug Malela.

Lokasi dan Akses

Curug Malela terletak di kawasan Bandung Barat, tepatnya di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Indonesia.

Lihat Peta :


Akses
Karena lokasinya berada di daerah yang cukup terpencil, kamu tidak perlu mempersiapkan fisik dan mental untuk bisa sampai ke lokasi wisata Curug Malela karena kondisi jalannya yang cukup rusak (tidak dikelola dengan baik).

Baca juga : Glamping Lakeside Rancabali - Eksotisme Wisata Baru di Bandung

Berikut adalah petunjuk arahnya:
Kendaraan Pribadi :
Dari Cimahi lanjut ke Batujajar - Cihampelas - Cililin - Sindang Kerta - Gunung Halu - Buni Jaya - Curug Malela
(Catatan : Disarankan lebih baik menggunakan kendaraan umum dari pada kendaraan pribadi)

Kendaraan Umum :
  1. Dari Terminal Leuwi Panjang kota Bandung, kamu bisa naik bus Madona ke Terminal Sindangkerta. Dari Sindangkerta, kamu lanjutkan perjalanan dengan naik kendaraan umum berupa mobil (elf) menuju Bunijaya atau Gunung Halu. Dari Terminal Buni jaya, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan kendaraan berupa ojek menuju desa Cicadas. Setelah sampai di Cicadas, kamu tinggal melanjutkan perjalanan ke lokasi Curug Malela dengan jalan kaki.
  2. Dari Terminal Ciroyom, kamu tinggal melanjutkan perjalanan dengan menaiki kendaraan umum berupa Elf jurusan Bunijaya. Dari Bunijaya kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan naik angkot menuju Desa Rongga.
(Lama waktu perjalan dari Bandung sampai ke Desa Rongga sekitar 3 - 4 jam lamanya, tergantung kondisi jalan)

Keindahan Curug Malela

Saat kamu datang ke lokasi wisata Curug Malela, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan berupa air terjun cantik yang akan membuat siapa saja yang melihatnya terpesona. Karena keindahannya inilah akhir-akhir ini banyak wisatawan yang merasa penasaran dengan kebenaran dari keindahan yang dimiliki curug ini.

Baca juga : Tebing Keraton - Objek Wisata yang Lagi Ngehits di Bandung

Berikui ini adalah beberapa potret keindahan Curug Malela:
wisata Curug Malela

wisata Curug Malela

wisata Curug Malela

wisata Curug Malela

Tips Wisata ke Curug Malela

Brikut adalah beberapa tips wisata untuk kamu yang penasaran dan ingin datang ke Curug Malela:
  • Lebih baik menggunakan kendaraan umum karena kondisi jalan di beberapa daerah ada yang masih buruk kondisinya
  • Jika kamu tetap ingin membawa kendaraan pribadi, sebaiknya cek dulu kondisi kendaraan karena medah yang akan ditempuh cukup berat
  • Hati-hati ketika bermain di area Curug Malela karena sewaktu-waktu bisa terjadi banjir bandang
  • Bawalah bekal makanan dan minuman karena di lokasi curug gak ada yang jualan
  • Booking jasa ojek supaya bisa menjemput ketika sudah selesai wisata
  • Siapkan stamina karena perjalanan menuju lokasi cukup jauh (3 jam mobil, 1 jam ojek, 1 jam jalan kaki) MANTAP!!!
  • Bawa baju ganti (dua buah) supaya gak kedinginan setelah selasai
  • Jangan lupa bawa kamera biar bisa selfy-selfy sama temen-temen

--- Selamat Berlibur ---