KODE DFP HEAD Pantai Tanjung Lesung - Keindahan Objek Wisata Bahari di Banten | DestinasiPedi
IKLAN ADSENSE BAWAH SIDEBAR (250X250)

Pantai Tanjung Lesung - Keindahan Objek Wisata Bahari di Banten

Pantai Tanjung Lesung - Sebagai salah satu provinsi di Indonesia, Banten memiliki banyak sekali lokasi-lokasi wisata menarik yang bisakamu kunjungi. Di antara sekian banyaknya destinasi wisata di Banten, wisata pantai selalu menjadi primadona dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap tahunnya. Dan salah satu objek wisata pantai yang cukup terkenal di Banten yaitu objek wisata Pantai Tanjung Lesung.

Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung

Terletak di bagian barat provinsi Banten, Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu pantai yang memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa. Banyak yang mengatakan bahwa pantai ini tidak kalah indah jika dibandingkan dengan lokasi-lokasi wisata pantai lain yang ada di Indonesia, seperti Pantai Lombok atau Pantai Kuta Bali.

Pantai ini dinamakan Pantai Tanjung Lesung karena lokasi daratannya yang menjorok ke laut dan menyerupai bagian ujung lesung. Lesung sendiri merupakan sebuah alat tradisional yang berfungsi sebagai alat untuk menumbuk padi

Haparan pasir putih lembut dengan lokasinya yang masih alami serta karakteristik ombaknya yang tidak terlalu besar membuat pantai ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati masa liburan bersama teman, pasangan, atau pun keluarga tercinta. Jadi untuk kamu yang kebetulan sedang berkunjung ke Banten, jangan lupa untuk mencoba singgah ke Pantai Tanjung Lesung.

Baca juga : Candi Borobudur - Objek Wisata Candi Buddha Terbesar di Indonesia

Lokasi dan Akses

Lokasi
Secara geografis Pantai Tanjung Lesung letaknya berada di bagian barat Banten, tepatnya di desa Tanjung Jaya, kecamatan Panimbang, kabupaten Pandeglang, provinsi Banten.

Lihat Peta:


Akses
Untuk kamu yang ingin mencoba berlibur ke Pantai Tanjung Lesung, kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau pun kendaraan pribadi. Berikut adalah petunjuk arahnya.

Jika kamu datang dari arah Jakarta, kamu bisa menggunakan rute melalui tol Tangerang–Merak dan keluar melalui pintu tol Serang Timur. Dari kota Serang kamu lanjut ke arah kota Pandeglang - Labuan - Panimbang dan nanti akan sampai ke lokasi Pantai Tanjung Lesung.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan rute melalui jalur tol Jakarta – Merak kemudian keluar melalui pintu tol Cilegon. Dari sini kamu melanjutkan perjalanan melalui pesisir Anyer - Cibenda - Pasir Putih - Caringin - Labuan dan Panimbang. Dari Panimbang kamu tinggal melanjutkan perjalan menuju ke lokasi Pantai Tanjung Lesung skitar 30 menit perjalanan.

Kegiatan Seru di Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung

Selain terkenal karena keindahannya, Pantai Tanjung Lesung juga terkenal karena banyaknya kegiatan seru yang bisa kamu lakukan ketika berlibur ke tampat ini. Berikut adalah beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Tanjung Lesung:

1. Snorkling dan Diving
Pantai Tanjung Lesung
Snorkling dan Diving di Tanjung Lesung
Salah satu kegiatan seru yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung adalah Snorkling dan Diving. Di sini kamu bisa menyelam sambil melihat keindahan alam bawah laut berupa keaneka ragaman jenis ikan dan terumbu karang. Adapun lokasi terbaik yang bisa dijadikan sebagai spot kegiatan Snorkling dan Diving yaitu di Pulau liwungan.

2. Wahana Water Sport
Kegiatan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Wahana Water Sport. Di Pantai Tanjung Lesung sudah ada banyak wahana oleh raga air yang bisa kamu mainkan, di antaranya yaitu JetSky, bananaboat, surfing, dan kano. Harga untuk menikmati fasilitas water sport ini cukup terjangkau, yaitu banana boat Rp70ribu/orang, jet ski Rp200ribu/20menit, dan snorkeling Rp25.000,- hingga Rp50ribu/jam.

3. Menyaksikan Keindahan Sunrise dan Sunset
Pantai Tanjung Lesung
Sunrise dan Sunset di Tanjung Lesung
Pesona keindahan pemandangan sunrise dan sunset di Pantai Tanjung Lesung tidak kalah indah jika dibandingkan dengan yang ada di pantai lain, seperti Pantai Kuta atau pun Pantai Sanur Bali. Area pantainya yang luas membuat pemandangan momen matahari terbit dan terbenam di tempat ini terlihat sangat jelas dan indah. Selain itu kamu juga bisa melihat keindahan pemandangan anak Gunung Krakatau dari pantai ini.

4. Konservasi Terumbu Karang
Untuk kamu yang memiliki keperdulian terhadap kelesatarian alam, di Pantai Tanjung Lesung ada kegiatan unik yang bisa kamu ikuti, yaitu Konservasi Terumbu Karang. Di sini kamu akan diajarakan tentang bagaimana cara membudidayakan dan melestarikan terumbu karang agar keberadaannya bisa tetap terjaga.

6. Menonton Pertunjukan Tarian Api
Pantai Tanjung Lesung
Pertunjukan Tarian Api di Tanjung Lesung
Kegiatan yang tidak kalah seru di Pantai Tanjung Lesung yaitu menonton pertunjukan tarian api. Di sini kamu akan melihat keahlian orang-orang yang sedang menari sambil ditemani dengan kobaran api. Ada yang melakukan aksi makan api, menari di atas lingkaran api, bermain bola api, dan masih ada lagi yang lainnya.

5. Menikmati Sajian Kuliner
Setelah lelah melakukan kegiatan olah raga air tentunya kamu akan merasa lapar. Nah, kamu tidak perlu khawatir karena di Pantai Tanjung Lesung kamu bisa mencoba menikmati kelezatan kuliner khas berupa aneka sajian seafood yang siap menggoyang lidah di setiap restoran di sekitar Pantai Tanjung Lesung.

8. Keseruan Berenang
Kegiatan wajib yang harus dilakukan ketika berlibur ke objek wisata pantai adalah berenang. Di pantai ini kamu juga bisa mencoba menikmati keseruan berenang bersama teman, pasangan, atau pun keluarga tercinta. Obak lautnya yang tidak terlalu besar membuat pantai ini aman untuk kegiatan berenang. Tapi kamu pun harus tetap berhati-hati karena di pantai ini ada beberapa lokasi yang palung laut yang tentunya cukup berbahaya. Jadi pilihlah lokasi yang aman untuk berenang atau bisa juga tanyakan kepada pihak pengelola tentang lokasi yang aman untuk kegiatan berenang.

7. Mancing Mania
Pantai Tanjung Lesung
Mancing di Tanjung Lesung
Nah, untuk kamu yang hobi memancing, kamu jangan sampai melewatkan keseruan memancing di Pantai Tanjung Lesung. Kamu bisa memancing di dekat dermaga atau bisa juga menyewa perahu untuk memancing di tengah laut.

9. Hunting di Pinggir Pantai
Jika kamu ingin melakukan kegitan yang lebih santai, kamu bisa mencoba berjalan-jalan di sekitar pinggir pantai bersama pasangan tercinta sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar ditemani hembusan angin pantai.

10. Menikmati Suasana di Pinggir Pantai
Mau yang lebih santai? Kamu bisa menikmati keindahan suasan pantai dengan duduk di area pinggir pantai menggunaka alas tikar. Kamu bisa menyewa tikar yang banyak disediakan di sekitar pantai dengan harga Rp.5.000,-/tikar.

Tiket dan Jam Oprasional

Tiket
Untuk tiket masuknya yaitu:
  • Rp.25.000,-/Orang (Weekday)
  • Rp.40.000,-/Orang (Weekend)
  • Rp.10.000,-/Unit (Parkir Mobil)
  • Rp.5.000,-/Unit (Parkir Motor)

Jam Oprasional
Mulai dari Pukul: 08.00 - 17.00.00 WIB

Baca juga : Glamping Lakeside Rancabali - Eksotisme Wisata Baru di Bandung

Tips Wisata Pantai Tanjung Lesung

Untuk kamu yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung, ada baiknya memperhatikan beberapa tips wisata berikut:
  • Pastikan kondisi tubuh sehat karean perjalanan menuju lokasi Pantai Tanjung Lesung cukup lama dan jauh (180 Km / 4 jam perjalanan)
  • Perhatikan kondisi kendaraan (jika membawa kendaraan pribadi)
  • Bawa uang tunai yang cukup karena di area wisata ini belum ada ATM
  • Pilih opsi rute atau akse jalur pertama karena lebih dekat dan kondisi jalan lebih baik
  • Datanglah pada hari minggu pagi karena biasanya hari minggu pagi lebih sepi jika dibandingkan dengan hari sabtu
  • Tetap jaga kebersihan lingkungan pantai (smart traveler)

--- Selamat Berlibur ---