KODE DFP HEAD Saung Angklung Udjo - Objek Wisata Budaya dan Kesenian Tradisional di Bandung | DestinasiPedi
IKLAN ADSENSE BAWAH SIDEBAR (250X250)

Saung Angklung Udjo - Objek Wisata Budaya dan Kesenian Tradisional di Bandung

Saung Angklung Udjo - Selain terkenal karena kekayaan potensi wisata alamnya, kota kembang Bandung juga terkenal karena memiliki kekayaan warisan budaya dan tradisi yang senantiasa dilestarikan dari gnerasi ke generasi. Salah satu bentuk dari upaya pelestarian tersebut adalah dengan didirikannya pusat plestarian dan cagar budaya yang salah satunya yaitu Saung Angklung Udjo.
Wisata Saung Angklung Udjo
Kegiatan Seru di Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo adalah sebuah tujuan wisata budaya yang lengkap, karena di SAU ini terdapat beberapa spot wisata unik yang diantaranya yaitu arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan workshop untuk alat musik bambu.

Sesuai denga visi dari Saung Angklung Udjo, yaitu “Melestarikan dan mengembangkan budaya sunda dengan basis filosofi Mang Udjo, yaitu gotong royong antar warga dan pelestarian lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat”, di sini selain kamu bisa berwisata, kamu juga bisa belajar tentang bagaimana cara melestarikan warisan kesenian dan kebudayaan tradisional. Pokoknya tempat ini cocok banget buat kamu yang suka dengan kegiatan wisata sambil belajar.

Sejarah Pendirian Saung Angklung Udjo


Saung Angkulung Udjo ini didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena atau yang lebih dikenal sebagai Mang Udjo bersama dengan istrinya, Uum Sumiati dengan tujuan untuk melestarikan kesenian dan budaya tradisional suku Sunda.
Wisata Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo
Udjo Ngalagena sendiri merupakan seorang seniman angklung asal Jawa Barat. Ia lahir pada tanggal 5 Maret 1929 yang merupakan anak keenam dari pasangan Wiranta dan Imi.

Sejak usia 4 tahu, Udjo Ngalagena sudah mulai belajar seni dan budaya sunda. Hal inilah yang membuatnya sangat mencintai dan ingin terus melestarikan kesenian dan kebudayaan khas suku Sunda berupa Angklung.

Selain menguasai alat musik angklung, Udjo Ngalagena juga menguasai seni beladiri tradisional Pencak Silat, alat musik gamelan, kecapi, dan juga lagu-lagu daerah berbahasa Indonesia dan Belanda.

Pada tanggal 03 Mei 2001 Udjo Ngalagena wafat, namun eksistensi Saung Angklung Udjo masih tetap berjalan dan diteruskan oleh para putra putrinya sampai saat ini.

Lokasi dan Akses


Lokasi
Saung Angklung Udjo berada di kawasan Bandung Timur,tepatnya adalah di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192, Indonesia. Lokasinya sangat strategis karena berada di jalan utama kota Bandung. Jadi kamu bisa dengan mudah untuk sampai ke lokasi Saung Angklung Udjo.

Lihat Peta:


Akses
Untuk bisa sampai ke lokasi Saung Angklung Udjo sangatlah mudah, baik menggunakan kendaraan umum atau pun pribadi. Berikut adalah petunjuk jalannya:

Kendaraan Pribadi
  • Untuk kamu yang datang dari Jakarta, kamu hanya perlu keluar dari pintu tol Pasteur kemudian lurus terus dan naik fly over melintasi Jalan Surapati dan Jalan PH. Hasan Mustapa.
  • Dari sana kamu akan melihat sebuah papan penunjuk jalan menuju Saung Angklung Udjo di ujung Jalan Padasuka. Kamu hanya perlu mengikuti papan petunjuk jalan tersebut dengan jarak kurang lebih sekitar 200 meter kamu akan sampai di lokasi Saung Angklung Udjo.

Kendaraan Umum
  • Untuk kamu yang menggunakan kendaraan umu, kamu bisa menggunakan angkot dari Surapati dengan angkot nomor 06 jurusan Cicaheum–Ciroyom.
  • Kemudian kamu turun di perempatan Padasuka, dari perempatan ini kamu tinggal berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter atau naik ojek menuju lokasi Saung Angklung Udjo.

Kgiatan dan Pertunjukan Unik di Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo
Di Saung Angklung Udjo ada banyak kegiatan dan pertunjkan unik dan seru yang bisa kamu ikuti. Salah satuny yaitu bermain angklung bersama para seniaman cilik di tempat ini. Berikut adalah beberapa kegiatan dan pertunjukan di Saung Angklung Udjo:
  1. Bermain angklung bersama
  2. Menari bersama
  3. Demonstrasi Wayang Golek
  4. Helaran
  5. Tari Topeng
  6. Angklung Orkestra

Fasilitas di Saung Angklung Udjo

Fasilitas di Saung Angklung Udjo
Gambar dari www.anekatempatwisata.com

Selain memiliki banyak kegiatan dan pertunjukan menarik, Saung Angklung Udjo juga telah dilengkap dengan berbagai fasilitas penunjang kenyaman wisatawan.

Berikut adalah beberapa fasilitas yang ada di Saung Angklung Udjo:
  1. Bale Karesemen (Area pertunjukan)
  2. Buruan Sari Asih (Tempat bersantai)
  3. Pusat Produksi Angklung (tempat melihat dan belajar cara pembuatan angklung)
  4. Sentra Penyuluhan Kehutanan (tempat kegiatan penyuluhan pentingnya menjaga kelestarian hutan)
  5. Saung dan dapur Udjo (tempat menikmati kuliner khas Sunda)
  6. Toko souvenir (Tempat blanja oleh-oleh khas)
  7. Lahan Parkir (Cukup Luas)
  8. Toilet/WC Umum (Bersih)

Tikel dan Jam Oprasional


Tiket
  • Rp.60.000,-/orang (Dewasa WNI)
  • Rp.100.000,-/orang (Dewasa WNA)
  • Rp.40.000,-/Orang (Pelajar WNI)
  • Rp.60.000,-/orang (Pelajar WNA)
Untuk anak-anak usia di bawah 3 tahun: GRATIS

Jam Oprasional
Saung Angklung Udjo dibuka mulai dari pukul 09.00 - 15.00 WIB

Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut dari objek wiata Saung Angklung Udjo, kamu bisa menghubungi pihak pengelola melalui kotak di bawah ini:
Telpon:
  • +62 22 727 1714
  • +62 22 710 1736
Fax : +62 22 720 1587
E-mail : Info@angklung-udjo.co.id
Website : www.angklung-udjo.co.id

--- Selamat Berlibur ---