KODE DFP HEAD Situ Patenggang - Objek Wisata Danau Cantik di Ciwidey Bandung | DestinasiPedi
IKLAN ADSENSE BAWAH SIDEBAR (250X250)

Situ Patenggang - Objek Wisata Danau Cantik di Ciwidey Bandung

Situ Patenggang - Situ Patenggang adalah sebuah objek wisata berupa danau cantik yang ada di kawasan wisata Bandung Selatan, tepatnya di Ciwidey, Jawa Barat, Indonesia. Danau ini berada di atas ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut dengan lanscape pemandangan alam yang indah dan mempesona.
Wisata Situ Patenggang
Danau Cantik Situ Patenggang

Danau ini sendiri memiliki luas area sekitar 45.000 hektar persegi yang dikelilingi oleh hamparan kebun teh dan merupakan salah satu bagian dari kawasan cagar alam yang luasnya mencapai 123.000 hektare persegi.

Karena kondisi alamnya yang masih sangat asri dan alami, Situ Patenggang selalu menjadi salah satu destinasi wisata favorite yang ada di kota Bandung. Stiap tahunnya tempat ini tidak pernah sepi dari para wisatawan yang ingin menghabiskan masa liburannya bersama sahabat, pasangan, atau pun keluarga tercinta.

Miotos dan Asal Mula Objek Wisata Situ Patenggang


Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, danau ini dinamakan Situ Patenggang karena diambil dari bahasa Sunda, yaitu dari kata pateangan-teangan yang artinya (saling mencari). Di sini tedapat sebuah mitos tentang kisah cinta antara Ki Santang dan Dewi Rangganis yang terpisahkan karena suatu hal.
Wisata Situ Patenggang
Mitos Situ Patenggang

Untuk waktu yang sangat lama, mereka berdua saling mencari satu sama lain dan sampai pada suatu ketika mereka bertemu di suatu tempat yang saat ini kita kenal dengan "Batu Cinta". Batu cinta ini lokasinya berada di pulau kecil yang ada tengah area Situ Patenggang yang dikenal dengan nama Pulau Sasuka atau orang sering menyebutnya sebagai Pulau Asmara.

Asal mula terbntunya Situ Patenggang sendiri menurut keterangan masyarakat ada dua kisah. Peratama, situ ini terbentuk dari kumpulan air mata Dewi Rengganis yang selalu menangis ketika mencari keberadaan Ki Santang. Dan kisah yang kedua, mengatakan bahwa situ atau danau ini terbentuk setelah Dewi Rengganis meminta kepada Ki Santang untuk dibuatkan sebuah danau agar mereka bisa mengarunginya bersama-sama.

Nah, ada kepercayaan unik ketika kamu datang ke tempat ini. Dikatakan bahwa setiap pasangan yang datang ke lokasi Batu Cinta, maka cinta mereka akan tetap abadi untuk selama-lamanya.

Baca Juga: Dusun Bambu - Nuansa Objek Wisata Pedesaan di Bandung

Lokasi dan Akses


Lokasi
Objek wisata Situ Patenggang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973 - Indonesia. Kordinat GPS : S7.163690 - E107.357070, Altitude 1605 meter.

Lihat Peta:


Akses
Untuk bisa sampai ke lokasi Situ Patenggang, kamu bisa menggunakan akses yang sama dengan akses yang digunakan untuk ke objek wisata Kawah Putih Ciwidey. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau pun prbadi.

Kendaraan Pribadi
Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa melalui jalan tol yang ada di setiap daerah asal menuju ke Bandung dan keluar dari pintu tol Kopo. Dari sini kamu tinggal ambil arah menuju ke Soreang–Ciwidey dan nanti akan bisa sampai ke lokasi Situ Patenggang.

Kendaraan Umum
Sedangkan untuk kamu yang menggunakan kendaraan umum, kamu bisa naik kendaraan umum dari Terminal Leuwi Panjang Bandung yang menuju ke Terminal Ciwidey. Setelah sampai di Terminal Ciwidey, kamu tinggal naik angkot yang menuju ke lokasi Situ Patenggang.

Baca Juga: Saung Angklung Udjo - Objek Wisata Budaya dan Kesenian Tradisional di Bandung

Fasilitas di Situ Patenggang


Ada cuku banyak fasilitas yang bisa kamu gunakan ketika berlibur ke objek wisata Situ Patenggang Bandung, yang di antaranya yaitu:
  1. Sepeda Air
  2. Toko Buah
  3. Toko Souvenir
  4. Rumah Makan
  5. Perahu Angsa
  6. Gazebo
  7. Toilet/WC Umum
  8. Tempat Ibadah (Mushola)
  9. Penginapan
  10. Area Parkir
  11. Penyewaan Perahu

Kegiatan Seru di Situ Patenggang

Wisata Situ Patenggang
Situ Patenggang
Kamu tidak perlu khawatir akan bosan ketika datang berlibur ke Situ Patenggang karena di sini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan wisata seru, seperti:
  1. Piknik di Pinggir Danau
  2. Berjalan-jalan di Kebun Teh
  3. Mengunjungi Batu Cinta
  4. Mengelilingi Pulau Asmara
  5. Memancing
  6. Bermain Sepeda Air
  7. Mengelilingi danau menggunakan perahu

Baca Juga: Tebing Keraton - Objek Wisata yang Lagi Ngehits di Bandung

Tiket dan Jam Oprasional


Tiket
Tiket Masuk
  • Rp.18.000,-/Orang (WNI)
  • Rp.50.000,-/Orang (WNA)
Tarif Parkir
  • Rp.3.500,-/Unit (Parkir Motor)
  • Rp.11.500,-/Unit (Parkir Mobil)
  • Rp.22.000,-/Unit (Parkir BUS)
Tarif Wahana
  • Rp.40.000,- (Sewa Perahu Angsa)
  • Rp.10.000,- (Sewa Alas Tikar)
  • Rp.150.000,- (Sewa Perahu/Perahu)
  • Rp.15.000,- (Sewa Perahu/Orang)

Jam Oprasional
Objek wisata Situ Patenggang di buka mulai dari pukul 08.00-17.00 WIB

Tips Wisata di Situ Patenggang


Sebelum berangkat ke lokasi objek wisata Situ Patenggang, ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa tips wisata berikut ini:
  1. Karena udara di tempat ini cukup dingin, disarankan agar kamu membawa pakaian hangat (jaket atau sweater)
  2. Datanglah pada pagi hari karena di siang hari matahari di tempat ini cukup terik
  3. Jangan lupa untuk menawar ketika mau menyewa fasilitas wahana wisata supaya lebih hemat
  4. Jangan lupa juga untuk memesan hotel atau pun penginapan jika kamu ingin berlibur lebih dari 1 hari di Bandung. Kamu bisa memsannya di SINI


--- Selamat Berlibur ---