KODE DFP HEAD Kalibiru Kulonprogo - Wisata Alam Super Keren di Jogjakarta | DestinasiPedi
IKLAN ADSENSE BAWAH SIDEBAR (250X250)

Kalibiru Kulonprogo - Wisata Alam Super Keren di Jogjakarta

Kalibiru Kulonprogo - Sebagai salah satu destinasi wisata favorite di Indonesia, Jogja memiliki banyak sekali daya tarik yang mempu menarik perhatian para wisatawan untuk datang ke tempat ini. Mulai dari kekayaan budaya, tradisi sampai dengan potensi wisata semua ada di jogja. Tak heran kota ini mendapatkan gelar sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memang sangat cocok disandangnya.

Kalibiru Kulonprogo
Kalibiru Kulonprogo

Nah, kali ini DestinasiPedia mau berbagi informasi tentang salah satu tempat wisata super keren di Jogja yang bisa kamu masukan ke dalam daftar tujuan wisata yang kamu miliki, yaitu Kalibiru Kulonprogo.

Sebelum terkenal sebagai sebuah destinasi wisata, awalnya Kalibiru adalah sebuah hutan lindung milik pemerintah. Namun saat ini hutan tersebut mulai dikelola oleh masyarakat dan dikembangkan menjadi sebuah kawasan wisata alam sekaligus wisata edukasi yang menarik untuk dikunungi. Sajian utama dari obek wisata ini yaitu jalur atau treking menuju lokasinya yang indah.

Selain itu, dulu destinasi wisata ini belum banyak orang yang tahu. Tapi setelah salah seorang artis Indonesia mengupload photo melalui akun instagram miliknya saat ia mengunjungi Kalibiru Kulonprogo, secara singkat tempat ini menjadi viral di kalangan wisatwan dan banyak yang bertanya-tanya tentang keindahan yang dimiliki objek wisata Kalibiru Kulonprogo.

Lokasi & Akses ke Kalibiru Kulonprogo

Wisata alam Kalibiru ini berlokasi di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Jarak dari Yogyakarta sekitar 40 km dan 2 Km dari tempat wisata Waduk Sremo serta terletak di ketinggian 450 Mdpl dikawasan perbukitan Menoreh.
  • Kontak : +62 813-9294-7249
  • Lihat Peta :


Untuk bisa sampai ke lokasi Kalibiru Kulonprogo, ada 3 akses atau rute yang bisa kamu gunakan yang antara lain yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Candi Prambanan - Objek Wisata Komplek Candi Terbesar di Indonesia

1. Rute Sermo ke Kalibiru
Rute Sermo adalah rute yang paling banyak digunakan oleh para wisatawan karena melalui jalur ini kamu bisa melihat pemandangan Bendungan Sermo yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Berikut adalah jalur/rutenya: Dari Jogja lebih cepat melalui Sentolo -> Pengasih -> Alun-alun Wates -> RSUD Wates -> Beji -> Sermo -> Kelibiru.

2. Rute Clereng ke Kalibiru
Rute kedua yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke lokasi Kalibiru yaitu melalui Clereng. Rute ini adalah rute yang lebih mudah dari pada rute sebelumnya. Kamu bisa melalui Sentolo -> Pengasih -> nanti kamu akan menemukan sebuah perempatan dan kamu tinggal ambil jalur ke sebelah kanan menuju Clereng -> Kalibiru (Kamu harus teliti ketika menggunakan jalur ini). Sekitar 300 meter dari pasar Clereng, kamu akan menemukan sebuah jembatan dan sekitar 20 meter dari jembatan tersebut ada sebuah plang petunjuk arah menuju lokasi Kalibiru.

3. Rute Malioboro ke Kalibiru
Rute ketiga atau terakhir yang bisa kamu gunakan yaitu melalui Malioboro. Dari Malioboro kamu ambil alur menuju Purworejo kemudian kamu ikuti jalan menuju ke Wates. Sesampainya di terminal Wates, kamu ambil jalur ke Waduk Sermo dan dari sini kamu tinggal menggunakan akses yang sama seperti rute sebelumnya.

Kegiatan Seru di Kalibiru

Di Kalibiru kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan wisata seru yang pastinya gak bakalan membuat kamu bosan. Nah, berikut adalah beberapa kegiatan seru di Kalibiru:

Pemandangan Bendungan Sermo

1. Berphoto di Pohon Selfy
Di antara beberapa kegiatan wisata di tempat ini yang paling populer adalah kegiatan berphoto di atas pohon. Di spot wisata ini kamu bisa mengabadikan moment berharga melalui lensa kamera atau ponsel yang kamu miliki sambil melihat keindahan alam Kulonprogo (Waduk Sermo) dari atas ketinggian.

2. Hight Ropes Games
Kegiatan seru selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika datang ke Kalibiru adalah mencoba bermain di aneka spot permainan Hight Ropes Games. Di sini ada 5 jenis permainan sekaligus olahraga yang siap memacu adrenalin dan tentunya akan semakin menambah keseruan moment liburanmu.

Pertama kamu diharuskan melawati rintangan panjat batu, kemudian dilanutkan dengan melewati rintangan jaring, setelah itu lanjut ke rintangan berjalan di atas seutas tali tambang dan beralan diatas jembatan kayu. Setelah selesai melewati semua rintangan tersebut, kamu akan melalui rintangan terakhir yaitu meluncur di atas seuitas tali (flyingfox).

Lihat juga : Dusun Bambu - Nuansa Objek Wisata Pedesaan di Bandung

3. Jalur Trekking Kalibiru
Di objek wisata Kalibiru terdapat sebuah spot wisata menarik lainya yaitu sebuah trek atau jalur berupa anak tangga. Spot ini sangat cocok buat kamu yang suka menjelah keindahan alam sambil berjalan-jalan.

Jalur Trekking Kalibiru

Di sepot ini terdapat dua rute trekking yang berbeda yang disesuaikan dengan jarah dan jalurnya yaitu mulai dari arak dekat (sekitar 2-3 km) dan jarak auh (sekitar 4-5 km) yang bisa kamu nikmati secara gratis.

4. Wisata Kuliner
Jika kamu sudah puas menikmati semua kegiatan seru di Kalibiru, kamu bisa beristirahat sejenak sambil menikmati aneka kuliner lezat yang disediakan dibeberapa warung makan atau pun kafe yang tesedi di sekitar objek wisata Kalibiru. Untuk harga makanannya sendiri tergolong sangat murah dan bervariasi tergantung dari kualitas layanan yang diberikan.

Fasilitas di Kalibiru

Meskipun masih tergolong sebagai sebuah objek wisata baru, di Kalibiru sudah ada cukup banyak fasilitas pendukung yang bisa kamu gunakan yang diantaranya yaitu:
  1. Are Parkir Luas
  2. Kios Makanan
  3. Toliter/WC Umum (Rp.2.000,-)
  4. Homestay Rp. 300.000,-/24 jam (maks. 10 orang)
  5. Pendopo
  6. Jasa Ojek Motor, menuju ke lokasi wisata ( Rp.5000/orang)
  7. Homestay
  8. Camping Dround
  9. Fasilitas Outbond

Coba baca : Curug Malela - Eksotisme Wisata Air Terjun di Kota Bandung

Tiket dan Biaya Spot Wisata

  • Tiket Masuk : Rp. 10.000
  • Parkir Mobil : Rp. 5000,-
  • Parkir Motor : Rp. 2000,-
  • Tiket Spot Photo
  • Spot High Rope Game (HRG) : Rp. 35.000,-
  • Spot Foto Panggung : Rp. 15.000,-
  • Spot Foto 1 : Rp. 15.000,-
  • Spot Foto Bundar/Tampir : Rp. 15.000,-
  • Spot foto 2 : Rp. 10.000,-
  • Spot foto 3 : Rp. 10.000,-

Jam Oprasional :
Setiap Hari, mulai dari pukul : 06.00 – 17.00 WIB (Khusus Untuk High Rope Games hari senin libur)

Nah, itulah ulasan lengkap seputar objek wisata Kalibiru Kulonprogo Jogjakarta. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu yang sedang berencana berlibur ke Joga, baik itu bersama teman, keluarga, atau kekasih tercinta. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel wisata menarik lainnya dari situs DestinasiPedia.

---Selamat Berlibur---