KODE DFP HEAD Pura Besakih - Objek Wisata Komplek Pura Hindu Terbesar di Bali | DestinasiPedi
IKLAN ADSENSE BAWAH SIDEBAR (250X250)

Pura Besakih - Objek Wisata Komplek Pura Hindu Terbesar di Bali

Wisata Bali - Pura Besakih merupakan sebuah tempat peribadatan para penganut ajaran agama Hindu yang ada di Bali. Di komplek Pura ini terdapat banyak sekali bangunan Pura yang jumlahnya mencapai 18 komplek bangunan Pura. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 komplek Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya). Hal ini menjadikan komplek Pura Besakih sebagai komplek pura terbesar di Indonesia.
pura-besakih-bali
Pura Besakih - Bali
Pura Besakih sendiri merupakan pusat kegiatan keagamaan dari seluruh Pura Hindu yang ada di Bali. Dari semua pura-pura yang ada di dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang paling besar, paling banyak bangunan pelinggihnya, paling banyak jenis upakaranya dan sekaligus merupakan pusat dari semua pura yang ada di komplek Pura Besakih.

Lihat juga : Pantai Dreamland - Rekomendasi Lokasi Wisata Selancar Terbaik di Bali

Di Pura Penataran Agung tersebut terdapat 3 buah arca atau candi utama yang menjadi simbol stana dari sifat Tuhan Tri Murti, yaitu arca Dewa Brahma (Dewa Pencipta), arca Dewa Wisnu (Dewa Pemelihara) dan arca Dewa Siwa (Pelebur/Reinkarnasi). Sejak tahun 1995 Pura Besakih ini sudah dimasukan ke dalam daftar pengusulan Situs Warisan Dunia UNESCO karena memiliki nilai sejarah, agama, dan budaya yang sangat berharga.

Sejarah Singkat Pura Besakih

Pura Besakih pertama kali dibangun oleh seorang tokoh agama Hindu yang berasal dari India yang telah lama tinggal di pulau Jawa bernama Rsi Markandeya. Diceritakan bahwa dahulu Bali tidaklah seperti sekarang karena pulau Bali dan Jawa masih menyatu sehingga disebut sebagai pulau Dawa (pulau panjang) dan belum terpisahkan oleh selat Bali.
pura-besakih-bali
Pura Besakih - Bali
Sang Rsi Markandeya melakukan pertapaan di Gunung Hyang yang kini lebih dikenal dengan sebutan Gunung Dieng (Jawa Tengah). Setelah sekian lama beliau bertapa, Rsi Markandeya mendapatkan wahyu untuk merambas hutan Dawa mulai dari selatan sampai ke utara.

Di tempat perambasan hutan tersebut, Rsi Markandeya mengubur sebuah kendi yang berisikan logam emas, perak, tembaga, besi, dan perunggu yang ditambah dengan air. Kelima logam tersebut oleh masyarakat Bali biasa disebut dengan istilah Pancadatu (Lima Logam). Selain itu, di tempat ini pula ditanam sebuah permata yang disebut Mirahadi yang berarti murah utama.

Lihat juga : Pantai Balangan - Keindahan Wisata Pantai Tersembunyi di Pulau Bali

Tempat penanaman kendi inilah yang disebut dengan nama Basuki yang memiliki arti selamat sebagai bentuk syukur atas selamatnya para pengikut Rsi Markandeya dalam melaksanakan tugasnya dan dengan berjalanyan waktu nama Basuki berubah menjadi Besakih.

Daya Tarik Pura Besakih

pura-besakih-bali
Pura Besakih - Bali
Berkunjung ke Besakih sangat cocok untuk kamu yang sukda dengan kegiatan wisata religi, sejarah, dan budaya. Di sini kamu akan merasakan nuansa spiritual dan magis begitu kental dengan ditemani hamparan pemandangan alam dari ketinggian yang terlihat begitu indah. Apalagi jika kamu mencoba untuk naik ke areal Pura Gelap yang menempati posisi paling atas dari komplek Pura Besakih.

Lokasi dan Akses ke Pura Besakih

Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Untuk sampai ke lokasi Pura Besakih ini cukup mudah. Jika kamu datang dari arah Kuta atau bandara Ngurah Rai, kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai di kawasan Pura Besakih.

Kamu tinggal mengambil rute menuju ke arah timur (Sanur) melalui jalan Bypas Ngurah Rai, kemudian dilanjut ke Bypass Prof Ida Bagus Mantra. Di jalan menuju ke Pantai Lepang, kamu belok ke utara menuju kota Semarapura dan akan menemukan salah satu objek wisata lain yaitu Kerta Gosa. Dari kawasan Kerta Gosa (Kabupaten Klungkung), Pura Besakih berjarak kurang lebih sekitar 20 kilometer di utara kota Semarapura.

Tiket dan Biaya

Untuk bisa masuk ke lokasi objek wisata religi Pura Besakih, kamu akan dikenakan biaya masuk/tiket sebesar Rp 20.000,-/orang.

Lihat juga : Pura Tanah Lot - Tempat Wisata Terbaik Untuk Yang Mau Liburan ke Bali

Jika kamu ingin berkunjung ke kawasan objek wisata Pura Besakih, sebaiknya kamu datang dengan ditemani seorang pemandu atau guide lokal yang memiliki rating bagus dan dapat dipercaya karena di sana suka ada guide lokal yang nakal (calo) yang suka menipu para wisatwan.

Bagi wisatawan diharapkan juga untuk tidak masuk ke areal pura, tapi tetap melalui jalan yang sudah disiapkan dan lebih banyak berkonsultasi dengan tour guide.