KODE DFP HEAD Danau Buyan dan Tamblingan - Wisata Danau Kembar Super Keren di Bali | DestinasiPedi
IKLAN ADSENSE BAWAH SIDEBAR (250X250)

Danau Buyan dan Tamblingan - Wisata Danau Kembar Super Keren di Bali

Wisata Bali - Selain terkenal karena memiliki banyak objek wisata pantai yang cantik, Bali juga ternyata memiliki sebuah objek wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu objek wisata danau kembar (Danau Buyan dan Tamblingan). Kedua danau ini terbentuk dari letusan Gunung Lesung yang mengakibatkan terbentuknya kaldera yang lambat laun berubah menjadi danau.
wisata-danau-buyan-dan-tamblingan
Danau Buyan dan Tamblingan - Bali
Selain kedua danau ini, ada juga Danau Beratan yang juga terbentuk akibat dari letusan Gunung Lesung namun danau ini letaknya cukup jauh dari Danau Buyan dan Tamblingan sehingga hanya kedua danau inilah yang dikenal sebagai danau kembar di Bali.

Lihat juga : Pantai Lovina - Keindahan Tarian Lumba-lumba di Laut Pulau Dewata Bali

Danau Buyan dan Tamblingan sendiri letaknya cukup berdekatan dan hanya terpisahkan oleh hutan tropis sepanjang kurang lebih satu kilometer. Di antara kedua danau ini juga terdapat sebuah kolam alami bernama Telaga Aya yang terhubung dengan Danau Buyan.

Nah, jika kamu ingin tahu lebih banyak seputar Danau Buyan dan Tamblingan, berikut ulasan lengkapnya:

Danau Buyan
Danau ini terletak di kawasan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau Buyan memiliki ukuran dan luas yang paling besar jika dibandingan dengan Danau Tamblingan dan Beratan. Luasnya sekitar 490 hektar dan kedalamannya mencapai 87 meter.
wisata-danau-buyan-dan-tamblingan
Danau Buyan - Bali
Jika dilihat dari atas udara, maka danau ini akan terlihat berada tepat di tengah antara Danau Tamblingan dan Beratan. Karena memiliki kedalaman yang paling dalam, maka debit airnya juga banyak sehingga danau ini difungsikan oleh masyarakat sebagai pemasok air irigasi dan juga sebagai tempat untuk budi daya ikan tambak.

Lihat juga : Pura Besakih - Objek Wisata Komplek Pura Hindu Terbesar di Bali

Danau ini akan terlihat lebih indah ketika kita melihatnya dari kejauhan. Hamparan air danau yang jernih dipadupadankan dengan pemandangan alam sekitarnya yang masih sangat asri membuat siapa saja yang melihatnya akan terpana dan betah untuk berlama-lama menyaksikan keindahan pemandangan Danau Buyan.

Di pinggir kaldera terdapat jalur jalan raya yang menghubungkan Bedugul Kabupaten Tabanan dengan Busung Biu Kabupaten Buleleng-Bali. Disini kamu bisa mencoba untuk menepi di warung-warung atau restoran yang menyediakan berbagai minuman dan makanan sebagai pelengkap saat menikmati keindahan danau buyan ini.

Danau Tamblingan
Danau ini memiliki ukuran paling kecil jika dibandingkan dengan danau Buyan dan Beratan. Berbeda dengan Danau Buyan yang sangat indah ketika dilihat dari kejauhan, Danau Tamblingan lebih cocok untuk dieksplor secara lebih dekat dengan turun langsung ke pinggir danau. Di sini kamu akan merasakan suasana danau yang sunyi dan sangat hening sehingga sangat cocok untuk kamu yang memang sedang mencari tempat untuk menenangkan diri.
wisata-danau-buyan-dan-tamblingan
Danau Tamblingan - Bali
Meskipun krakteristiknya tenang dan sunyi, danau ini tetap memiliki pesona keindahan khas Pulau Dewata Bali. Di sekitar area danau ini terdapat sebuah pura, yaitu Pula Ulun Danau yang berfungsi sebagai tempat pemujaan Dewi Danu/Danau.

Lihat juga : Pantai Dreamland - Rekomendasi Lokasi Wisata Selancar Terbaik di Bali

Selain itu, danau Tamblingan ini biasa difungsikan sebagai tempat pengambilan photo prewedding dan spot perkemahan yang sangat ramai ketika akhir pekan. Satu hal yang harus diketahui bahwa di danau ini sangat tidak disarankan bagi kamu untuk berenang karena danau ini memiliki kedalaman yang sangat dalam bahkan kedalamannya sendiri bisa mencapai puluhan meter dan juga danau ini sendiri merupakan sebuah kaldera (akibat letusan gunung) sehingga sangat berbahaya.

Daya Tarik Danau Buyan dan Tamblingan

Danau Buyan dan Tamblingan memiliki daya tarik wisata alam yang merupakan kombinasi antara tipe ekosistem daratan, perairan dan pegunungan. Di sini kamu akan disuguhkan panorama dua buah danau yang cukup luas dengan perairan yang tenang dikelilingi oleh hutan yang masih utuh, alami dan asri, serta tebing-tebing danau yang curam yang hijau, udara pegunungan yang sejuk dan nyaman.
wisata-danau-buyan-dan-tamblingan
Danau Buyan dan Tamblingan - Bali
Di beberapa lokasi dengan ketinggian tertentu merupakan lokasi yang strategis untuk menikmati pemandangan danau, sambil beristirahat. Selain itu, beberapa lokasi di pinggir danau terdapat beberapa buah Pura (tempat suci umat Hindu) yang dibangun di antara pepohonan yang besar dan lebat sehingga menambah panorama yang tidak hanya indah, tapi juga unik dan khas.

Lihat juga : Pantai Balangan - Keindahan Wisata Pantai Tersembunyi di Pulau Bali

Di sini kamu bisa mencoba aneka ragam kegiatan wisata meliputi wisata alam, wisata budaya, wisata tirta dengan kegiatan-kegiatan wisata seperti menikmati panorama alam yang indah, hutan dan perairan danau yang tenang dengan udara pegunungan yang sejuk dan nyaman, lintas alam (hiking), petualangan hutan (jungle trekking), perkemahan (camping), bersampan (canoing), mancing (fishing), bersepeda (cycling), sepeda gunung (mountain bike), outbound, zip-line (juga dikenal sebagai flying fox, slide foefie, kawat zip, landasan udara, ropeslide udara, slide kematian atau trolean persimpangan), wisata pendidikan dan penelitian flora dan fauna, berfoto (photo hunting), syuting film, wisata sejarah pura, wisata budaya dengan atraksi seni budaya, dan wisata religi tempat peribadatan umat Hindhu-Bali.

Akses dan Lokasi

Danau kembar Buyan berlokasi di Kecamatan Sukasada, sebuah wilayah yang terletak sekitar 21 km sebelah selatan Kota Singaraja, berada di pinggr jalan Denpasar-Singaraja. Tepatnya di Desa Pancasari, Kecamatan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau ini berda di ketinggian 1000 mdpl sehingga suhu udaranya sangat sejuk, terlebih ketika malam hari.

Sedangkan Danau Tamblingan bisa kamu tempuh dengan melalui pertigaan ke arah Desa Munduk, Desa Gobleg, dan tembus di Lovina. Dari Desa Munduk ini, Danau Tamblingan bisa ditempuh melalui jalan swadaya masyarakat sekitar. Selain itu, lokasi kedua danau ini sangat strategis karena diapit oleh tiga objek wisata terkenal lainnya, yakni Pura Ulun Danu di Bedugul, Air Terjun Git-Git, dan Pantai Lovina.

Fasilitas dan Sarana

Objek Wisata Danau Buyan dan Tamblingan memiliki beberapa fasilitas yang diantaranya yaitu:
  • Area Parkir kendaraan
  • Warung Makan
  • Kamar mandi / MCK
  • Penyewaan Perahu
  • Tempat Istirahat
  • Area Camping
  • dan lain-lain

Saran/Tips Belribur

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Objek Wisata Danau Buyan dan Tamblingan, yaitu sebaiknya pantaulah cuacanya terlebih dahulu sebelum pergi berwisata. Kamu juga perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga, teman atau pasangan terkasih.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati-hati.