KODE DFP HEAD Pura Tanah Lot - Tempat Wisata Terbaik Untuk Yang Mau Liburan ke Bali | DestinasiPedi
IKLAN ADSENSE BAWAH SIDEBAR (250X250)

Pura Tanah Lot - Tempat Wisata Terbaik Untuk Yang Mau Liburan ke Bali

Wisata Bali - Pura Tanah Lot adalah salah satu objek wisata yang ada di Bali. Ciri khas dari objek wisata ini yaitu adanya dua buah pura yang berada di atas sebuah batu karang besar. Satu pura letaknya berada tepat di atas, sedangkan yang satunya lagi berada di area tebing batu karang tersebut yang nampak mirip dengan Pura Uluwatu.
pura-tanah-lot-bali
Pura Tanah Lot - Bali
Pura ini sebenarnya masih merupakan bagian dari Pura Dang Khayang yang difungsikan sebagai tempat pemujaan kepada para dewa penjaga samudra. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbenam dengan suasana pantai yang khas di atas puncak batu karang.

Keindahan pemandangan di tempat ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena objek wisata ini merupakan salah satu icon wisata pulau dewata Bali. Tak heran setiap harinya tempat ini selalu ramai di kunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Biasanya para wisatawan yang datang ke tempat ini lebih senang untuk menikmati keindahan pemandangan ddengan berjalan-jalan, berpoto atau mengabadikan moment saat matahari terbenam di saat senja.

Lihat juga : Pantai Kuta - Keindahan Objek Wisata Paling Populer di Bali

Keunikan lain yang dimiliki objek wisata ini yaitu pada saat air laut pasang, kamu akan melihat bangunan pura yang nampak mengapung di atas air laut. Sedangkan ketika air surut, kamu akan melihat lubang-lubang kecil di bawah tebing yang mirip dengan gua yang di dalamnya terdapat banyak ular ekor pipih dengan ciri khas berupa warna kulitnya yang hitam dan bergaris kuning.

Sejarah Pura Tanah Lot

Kata Tanah Lot sendiri diambil dari dua suku kata yaitu "tanah" yang berarti pulau dan "lot" yang berarti laut. Jadi secara sederhana Tanah Lot dapat diartikan sebagai tanah atau pulau yang berada di tengah lautan. Selain itu, ada sebuah kisah legenda yang menceritakan tentang asal mula berdirinya Pura Tanah Lot ini yang sering disebut dengan Legenda Dang Hyang Nirartha.
pura-tanah-lot-bali
Pura Tanah Lot - Bali
Dang Hyang Nirartha merupakan seorang pengembara kasta brahmana yang berasal dari tanah Jawa. Ia berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu, penguasa Tanah Lot yang bernama Bendesa Beraben merasa tersaingi dan iri kepada Dang Hyang Nirartha karena para pengikutnya mulai pergi untuk mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben kemudian menyuruh Danghyang Nirartha meninggalkan Tanah Lot.

Lihat juga : Pantai Sanur - Pesona Keindahan Wisata Matahari Terbit di Bali

Danghyang Nirartha menyanggupi, tetapi sebelumnya ia dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura di sana. Kemudian Dang Hyang Nirartha juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura dan sampai saat ini ular tersebut masih ada diantara lubang-lubang batu karang. Secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra.

Daya Tarik Wisata

Jika kamu tertarik untuk berlibur ke Objek Wisata Pura Tanah Lot, kamu tidak perlu khawatir akan merasa bosan karena di tempat ini selain kamu akan disuguhkan dengan pemandangan lautnya yang indah, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas penunjang kegiatan wisata seperti saran penginapan yang lengkap, mulai dari penginapan sederhana sampai dengan villa dan hotel berbintang.
pura-tanah-lot-bali
Pura Tanah Lot - Bali
Selain itu, tentunya salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan kita kamu pergi berlibur yaitu membeli aneka souvenir dan oleh-oleh. Nah, di tempat ini kamu bisa berburu berbagai macam barang kerajinan khas Bali. Misalnya patung, lukisan, kain pantai, pernak–pernik, dan aksesoris dengan harga yang cukup murah. Di tempat ini juga terdapat banyak pedagang makanan dan minuman khas Bali serta penyewaan kamar kecil.

Lokasi dan Akses

Objek wisata tanah lot terletak di Beraban, Kediri, Tabanan, sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan. Dari area Bandara Ngurah Rai Bali menuju lokasi pura Tanah Lot, dapat kamu tempuh dalam waktu kurang lebih 1 sampai 1,5 jam perjalanan.

Untuk sampai ke lokasi ini, cara paling praktis yang bisa kamu pilih yaitu dengan menggunakan jasa travel, menyewa kendaraan, naik taksi atau ojek online. Karena tempatnya yang sudah sangat populer di Bali, kamu jadi tidak perlu khawatir akan tersesat karena ada banyak papan petunjuk jalan menuju ke lokasi objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Tanah Lot-Bali

Perlu kamu ketahui, tiket masuk objek wisata Tanah Lot sendiri ada perbedaan antara harga tiket masuk wisatawan lokal dengan wisatawan asing. Selain harus membayar tiket masuk, kamu juga harus menyediakan uang untuk membayar biaya parkir kendaraan (jika mambawa kendaraan). Berikut adalah daftar lengkap biaya tiket masuk dan parkir di objek wisata Tanah Lot-Bali :

Harga Tiket Masuk
  • Dewasa : Rp. 20.000/Orang
  • Anak-anak : Rp. 15.000/Orang.
  • Parkir Motor Roda Dua : Rp. 2.000/1 Motor.
  • Parkir Mobil Roda Empat : Rp. 5.000/1 Mobil.
  • Parkir Bus : Rp. 10.000/1 Bus.
Keterangan: Harga tiket tersebut hanya berlaku untuk wisatwan lokal dan dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.