KODE DFP HEAD Kawah Putih - Lokasi Wisata dan FreeWed Favorite di Kota Bandung | DestinasiPedi
IKLAN ADSENSE BAWAH SIDEBAR (250X250)

Kawah Putih - Lokasi Wisata dan FreeWed Favorite di Kota Bandung

Kawah Putih - Kawah Putih adalah salah satu tujuan wisata favorite yang ada di kota Bandung. Setiap tahunnya tempat ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan yang datang, baik itu wisatwan lokal maupun mancanegara. Kawah Putih sendiri merupakan sebuah danau berukuran sedang yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha pada sekitar abad ke 10 silam.
Kawah Putih Bandung
Keindahan Wisata Kawah Putih

Secara geografis Kawah Putih berada di kawasan pegununggan dengan ketinggian sekitar 2.400 mdpl. Karena lokasinya berada di dataran tinggi, area Kawah Putih memiliki suhu udara yang cukup dingin dengan suhu sekitar 8 sampai dengan 20 drajat celsius. Jadi kamu jangan sampai lupa untuk membawa jaket ketika berlibur ke tempat ini.

Nah, sesuai dengan namanya "Kawah Putih", tanah yang ada di sekitar kawasan Kawah Putih memang berupa pasir putih kasar karena akibat dari percampuran dengan zat belerang. Selain warna tanahnya yang putih, kawah ini juga memiliki air yang berwarna putih kehijau-hijauan. Hal inilah yang melatar belakangi kawah ini disebut dengan Kawah Putih.

Selain dijadikan sebagai tujuan wisata, Kawah Putih juga sering dijadikan sebagai lokasi pengambilan photo freewed para calon pasangan penganting sebelum melangsungkan pernikahan. Pemandangannya yang indah dengan ciri khas berupa kawah memang sangat cocok untuk dijadikan background photo freewed.

Baca Juga: Dusun Bambu - Nuansa Objek Wisata Pedesaan di Bandung

Lokasi dan Akses

1. Lokasi
Seperti yang telah disebuatkan di atas, objek wisata Kawah Putih berlokasi di kawasan Bandung selatan, tepatnya di Jl. Raya Soreang-Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat - Indonesia 4097. Letaknya berada di kilometer 25 dengan titik koordinat: -7.165833, 107.401944.

Lihat Peta:


2. Akses
Ada cukup banyak alternatif yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke lokasi Kawah Putih, baik menggunakan jasa angkutan umum atau pun dengan menggunakan kendaraan pribadi. Berikut adalah penjelasannya:

Kendaraan Umum:
  • Dari Terminal lewi Panjang kamu bisa naik Bus atau Mini Bus (L300) jurusan Bandung - Ciwidey, nanti kamu akan berhenti di terminal Ciwidey.
  • Dari Terminal Ciwidey kamu bisa naik angkutan umum berupa angkot berwarna kuning dengan jurusan Ciwidey - Situ Patengang. Sebelum naik, kamu jangan lupa untuk minta diturunkan di pintu Gerbang Kawah Putih
  • Dari Pintu Gerbang Menuju Lokasi Kawah, kamu bisa menggunakan angkutan wisata yang telah disediakan pengelola obyek wisata yaitu berupa mobil shuttle yang lebih dikenal dengan sebutan "Ontang-anting".

Kendaraan Pribadi:
  • Dari Jakarta atau kota lainnya kamu bisa menggunakan tol Purnaleunyi dan akan keluar di Pintu Gerbang tol Kopo, kemudian kamu belok ke kanan dilanjutkan ke arah Soreang. 
  • Dari sini kamu terus ke Ciwidey dan nanti akan sampai di lokasi Tujuan Wisata Kawah Putih.
Jika kamu ingin mengetahui akses alternatif ke Kawah Putih, kamu bisa melihatnya di jalan alternatif ke Kawah Putih

Baca Juga: Tebing Keraton - Objek Wisata yang Lagi Ngehits di Bandung

Fasilitas Kawah Putih

Kawah Putih - Bandung
Kawah Putih - Bandung

Berikut ini adalah beberapa fasilitas pendukung yang bisa kamu gunakan ketika berlibur ke Kawah Putih Bandung:
  1. Area parkir kendaraan
  2. Tempat ibadah (Mushola)
  3. Ontang-anting (kendaraan wisata)
  4. Pusat informasi
  5. Restoran dan warung makanan
  6. Toilet/WC Umum

Tiket dan Jam Oprasional


Tiket
  • Parkir atas (mobil): Rp.150.000,- /Unit
  • Parkir atas (motor): Rp.35.000,- /Unit
  • Ontang-anting: Rp.13.000,- / Orang (PP)
  • Parkir bawah (mobil): Rp.6.000,- /Unit
  • Parkir bawah (motor): Rp.5.000,- /Unit
  • Parkir bawah (bus): Rp.25.000,- /Unit

Jam Oprasional
Objek wisata Kawah Putih di buka mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB setiap harinya.

Baca Juga: Floating Market Lembang - Keunikan Wisata Pasar Terapung di Bandung

Tips Wisata ke Kawah Putih

Sebelum kamu berangkat berlibur ke Kawah Putih, ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa tips wisata berikut ini:

  1. Bawalah baju hangat (jaket atau sweater) karena udara di Kawah Putih cukup dingin
  2. Bawalah masker karena bau belerang di sekitar Kawah Putih cukup menyengat
  3. Gunakanlah jasa angkutan ontang-anting ketika kamu berlibur besama keluarga karena lebih murah
  4. Jangan lupa untuk membawa kamera, baik itu handphone atau pun kamera lensa untuk mengabadikan moment berharga bersama teman, pasangan, atau keluarga

Ok, itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan tentang objek wisata Kawah Putih - Bandung. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada teman-teman yang berencana untuk mengahabiskan waktu libur di Kawah Putih Bandung. Jangan lupa untuk senantiasa menajaga kebersihan tempat wiata ya...(Smart Traveler). Jangan lupa juga untuk membaca artikel-artikel wisata manarik lainnya di situs kami www.destinasipedia.com.

--- Selamat Berlibur ---