KODE DFP HEAD Pantai Sawarna - Pesona Keindahan Surga Tersembunyi di Banten | DestinasiPedi
IKLAN ADSENSE BAWAH SIDEBAR (250X250)

Pantai Sawarna - Pesona Keindahan Surga Tersembunyi di Banten

Pantai Sawarna - Ketika kamu berkunjung ke Banten, ada banyak sekali lokasi-lokasi wisata keren yang bisa kamu coba datangi. Salah satu jenis destinasi wisata favorite di Banten adalah wisata pantainya yang terkenal memiliki keindahan yang luar biasa. Di Banten sendiri saat ini tercatat ada lebih dari 30 titik lokasi wisata pantai yang menjadi tujuan para wisatawan yang datang ke Banten.

Wisata Pantai Sawarna
Pantai Sawarna

Di antara pantai-pantai tersebut ada beberapa yang sudah sangat tekenal yaitu seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, Pantai Tanjung Lesung, dan Pantai Pulau Umang. Selain keempat pantai tadi, ada objek wisata pantai baru yang sedang banyak diperbincangkan dan menjadi tujuan wisata favorite di Banten, yaitu Patai Sawarna.

Keindahan pantai ini sangat luar biasa, bahkan banyak wisatawan yang mengatakan bahwa keindahan yang dimiliki Pantai Sawarna tidak kalah indah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Hamparan pasir putih yang luas dengan ciri khas berupa sebuah batu karang yang menjulang tinggi menjadi daya tarik dari pantai ini.

Baca juga : Candi Prambanan - Objek Wisata Komplek Candi Terbesar di Indonesia

Pantai ini dinamakan Pantai Sawarna karena letaknya yang berada di sebuah desa di kabupaten Lebak-Banten, yaitu desa Sawarna. Sebenarnya Sawarna sendiri merupakan sebuah kawasan objek wisata yang memiliki banyak lokasi-lokasi wisata alam yang terdiri dari wisata pantai, goa, hutan lindung, gunung dan bukit. Jadi selain kamu bisa menikmati indahnya wisata pantai, di sini kamu juga bisa menikmati keindahan lokasi-lokasi wisata alam lain selain pantai.

Lokasi dan Akses

Lokasi

Wisata Desa Sawarna
Wisata Desa Sawarna
Pantai Sawarna berlokasi di desa Sawarna, kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Jaraknya sekitar 150 KM dari kota Serang (waktu tempuh sekitar 4-5 jam), 140 KM Rangkasbitung (waktu tempuh sekitar 4 jam), dan 270 KM dari kota Jakarta (waktu tempuh sekitar 7 jam).

Lihat Peta:

Akses
Untuk bisa sampai ke lokasi wisata Desa dan Pantai Sawarna, kamu bisa menggunanakan beberapa akses jalan, baik dengan kendaraan umum atau pun pribadi. Beikut adalah petunjuk arahnya:

Jakarta via Pelabuhan Ratu
  • Jakarta (Cawang) melalui Tol Jagirawi dan keluar di Ciawi. Kemudian menuju ke Curug - Parung Kuda - Cibadak - Cikembar - Warung Kiara - Pelabuhan Ratu - Cisolok - Bayah - Desa/Pantai Sawarna

Baca juga : Glamping Lakeside Rancabali - Eksotisme Wisata Baru di Bandung

Jakarta via Rangkasbitung
  • Jakarta (Tomang) melalui pintu Tol Jakarta - keluar di pintu Tol Serang Timur - Pandeglang - Rangkasbitung - Cileles - Warung Gunung - Gunung Kencana - Malingping - Bayah - Desa/Pantai Sawarna

Bandung
  • Bandung (Leuwi Panjang) - Sukabumi - Cikembar - Warung Kiara - Pelabuhan Ratu - Cisolok - Bayah - Desa/Pantai Sawarna

Keindahan dan Spot Wisata Menarik di Pantai Sawarna

Jika kamu bertanya tentang keindahan Pantai Sawarna, maka jawaban simpelnya adalah LUAR BIASA. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang letaknya menghadap langsung ke arah samudera Hindia. Memiliki karakteristik sama dengan pantai selatan, obak dan angin laut di pantai ini tergolong besar sehingga sangat cocok untuk kegiatan olahraga selancar.

Pantai Sawarna
Pantai Sawarna

Objek wisata yang menjadi icon wisata dari Desa Sawarna adalah Pantai Tanjung Layar. Di pantai ini kamu akan disuguhkan pemandangan berupa area pantai dengan hamparan karang dan sebuah batu besar yang berada di tengah pantai yang bentuknya menyerupai sebuah layar perahu. Karena areanya yang berupa bebatuan karang, di sini kamu tidak bisa untuk melakukan kegiatan berenang.

Baca juga : Situ Patenggang - Objek Wisata Danau Cantik di Ciwidey Bandung

Jika kamu ingin berenang, kamu bisa datang ke spot wisata pantai lain yang ada di desa Sawarna yang diantaranya yaitu Karang Taraje, pantai Pulo Manuk dan pantai Ciantir. Di sini kamu akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan hamparan pasir putih dan obak laut yang masih sangat jernih. Di pantai-pantai inilah kamu bisa sepuas hati menikmati keseruan berenang, selancar, atau bermain pasir di pinggir pantai.

Selain memiliki spot wisata pantai, di desa Sawarna juga terdapat beberapa spot wisata unik laiinya yang bisa kamu kunjungi. Spot-spot wisata tersebut di anataranya yaitu Jembatan Gantung Sungai Cisawarna, Bukit Cariang, Hutan Lindung Pantai Cipamadangan, Goa Lalay, Goa Sikadir, Goa Singalong, Goa Cimaul, Bukit Pasir Tangkil, dan Gunung Kembang.

Tiket Masuk Pantai Sawarna

Tiket masuk objek wisata Pantai sawarna terbilang sangat murah, yaitu cuma Rp.5.000,-/Orang. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, maka kamu akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

Catatan : Sewaktu-waktu harga tiket bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola

Akomodasi di Pantai Sawarna

Salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan ketika mau berlibur ke Pantai Sawarna adalah sebuah sarana akomodasi berupa penginapan. Di kawasan wisata Desa Sawarna sendiri sudah ada cukup banyak sarana akomodasi yang bisa kamu pilih dengan harga atau tarif inap yang bervariasi mulai dari Rp.100.000,- sampai dengan Rp.300.000,-/malamnya (termasuk makan).

Brikut adalah daftar beberapa penginapan yang ada di sekitar Pantai Sawarna:

  • ABC Homestay (Kontak: 087772110430)
  • Aditya Homestay (Kontak: 087741098046 - 087773054917)
  • Aldista Homestay (Kontak: 087805618679 - 081809422636)
  • Alfina Batara (Kontak: 087773298915 - 087773298915)
  • Penginapan Andra (Kontak: 081911106115 - 087772114035)
  • Andrew Batara I (Kontak: 082312445800)
  • Angsana (Kontak: 088820117329)
  • Penginapan Aura (Kontak: 081906336111)
  • Batara II (Kontak: 087772892011)
  • Cariang Resort (Kontak: 085692450154)
  • Pondok Chlara (Kontak: 087773073561)
  • Elsa (Kontak: 081809426569)
  • Family Homestay (Kontak: 087772341843)

Jika ingin mengethaui info lebih lengkap seputar akomodasi di Pantai Sawarna, kamu bisa mengunjungi situs penyedia informasinya yaitu www.villasawarna.com.

Catatan: Lakukan pemesanan sebelum berangkat, tapi lakukanlah pembayaran ketika sampai di lokasi

Baca juga : Dusun Bambu - Nuansa Objek Wisata Pedesaan di Bandung

Tips Wisata ke Pantai Sawarna

Sebelum kamu memutuskan untuk berangkat liburan ke Pantai Sawarna, sebaiknya perhatikan beberapa tips wisata berikut ini:

  • Pastikan kondisi fisik sedang dalam keadaan sehat karena perjalannya cukup lama dan jauh
  • Pastikan kondisi kendaraan sudah ok karena kondisi jalan menuju lokasi (melalui Pandeglang-Bayah) masih buruk
  • Gunakan kendaraan yang tinggi (baik itu roda dua atau pun empat)
  • Bawa obat-obatan pribadi
  • Berangkatlah saat pagi hari supaya kamu bisa sampai di lokasi siang/sore hari (kalo kemaleman bahaya)
  • Bawa uang tunai yang cukup karena di sana jauh dari ATM
  • Bawa perlengkapan pribadi secukupnya
  • Jika ingin melihat keraaiann, kamu bisa datang pada hari-hari libur (bakalan banyak orang yang datang). Sedangkan jika kamu ingin merasakan ketenangan, maka datanglah pada hari-hari baiasa

--- Selamat Berlibur ---